STOP MENYONTEK.

Aku tidak bilang aku tidak pernah menyontek. Aku pernah menyontek, sering, tapi aku selalu berusaha menghentikanya. Aku tak pernah senang mendapat nilai tinggi hasil menyontek. Sungguh. 
Menyontek bagiku hanya merugikan diri sendiri. Kamu tidak akan berkembang. Kamu tidak akan pernah tau seberapa potensi yang kamu punya. Kamu tidak akan pernah merasakan bagaimana rasanya berusaha dengan keras untuk menggapai nilai tertinggi. Kamu tidak akan pernah tau betapa bahagianya mendapat nilai tinggi hasil usahamu tanpa menyontek. 
Kamu menyontek karena kamu merasa tidak percara diri dengan kemampuanmu sendiri? Kamu takut mendapat nilai terendah diantara teman temanmu? Atau kamu merasa bodoh?
Aku juga pernah merasakan itu. Aku tidak percaya pada diri sendiri, aku takut mendapat nilai terendah diantara teman temanku, aku merasa aku ini bodoh. 
Tapi aku berpikir bahwa, jika tidak percaya diri coba kalau aku membiarkan diriku mengerahkan kemampuanku agar tau apa yang tidak aku bisa dan apa yang akan aku kembangkan. Jika aku takut mendapat nilai terendah, kenapa harus takut? Kenapa harus malu? Toh yang terpenting aku sudah mengerahkan semua kemampuanku dan itulah hasilnya. Lagian, nilai tidak akan menentukan kesuksesan. Aku merasa bahwa aku ini bodoh? Ya makanya belajar. Semua manusia mempunyai otak yang sama. Tidak ada manusia yang bodoh, adanya malas.
Menyontek itu berakibat fatal, bikin ketergantungan. 
Menurutku, nyontek malah lebih repot daripada belajar. Tengak tengok sana sini, Googling, terburu buru, takut ketahuan guru. 
TERLEBIH LAGI NYONTEK ITU DOSA. Bayangin deh, kalo kamu nyontek, nilainya tercetak dirapot, padahal itu hasil nyontek, rapot itukan selamanya, dosapun akan ngalir selamanya. Ngeri.
Kalian bilang nyontek itu budaya? Kenapa budaya yang ngga baik terus dikembangkan, budaya ngga baik itu harus dihilangkan. Ingat, kita ini generasi penerus bangsa *uh she up :v 
Oiya. Jangan jadikan dirimu salah satu dari penegak ketidakadilan. Bagi yang belajar menyontek sama sekali tidak adil. Yang tidak menyontek belajar mati matian, yang nyontek malah seenaknya googling.Aduh Dosanya. Aku ngga lagi ceramah. Cuma mau mengajak agar kita sedikit demi sedikit menghilangkan 'budaya' menyontek.
YUK, sama sama berusaha menghentikan contek menyontek. Kita itu disekolahkan oleh orang tua agar kita berpendidikan, orang berpendidikan akan berbuat hal hal yang baik. Apakah nyontek itu perbuatan yang baik? 
So yaaa mari bersama sama berusaha. Fighting.😙

-Dari bebek lucu, untuk kamu yang mau berprogres 🐥

Komentar

Postingan populer dari blog ini

new page >>>

silimit tihin biri 🐈‍⬛

just basic girl.